Tips marketing bagi brand lokal

Brand lokal di Indonesia memiliki potensi yang menjanjikan, dengan 93,3% masyarakat Indonesia lebih percaya pada kualitas produk lokal daripada produk asing yang hanya mendapatkan kepercayaan 71,5%. Konsumen juga cenderung memilih produk brand lokal yang dipromosikan dengan baik, karena dapat memberikan rasa dekat dengan produk tersebut. Oleh karena itu, promosi untuk brand lokal sangat penting untuk dilakukan agar bisnis Anda dapat lebih berhasil. Namun, bagaimana tips marketing bagi brand lokal yang efektif? Dengan melakukan pemasaran yang efektif, brand lokal bisa memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

Berikut adalah beberapa tips marketing ampuh untuk brand lokal:
  • Pertama, wajib memiliki website. Seiring dengan tingginya pengguna internet di Indonesia, melakukan promosi online merupakan kewajiban bagi brand lokal yang ingin terus berkembang. Website merupakan pilihan terbaik karena memberikan keleluasaan dalam membangun branding dan lebih dipercaya oleh konsumen.
  • Kedua, optimalkan Local SEO. Brand lokal harus bisa menguasai hasil pencarian lokal di Google agar upaya marketing lebih optimal. Salah satu cara untuk mengoptimalkan Local SEO adalah dengan melakukan riset keyword dan menggunakannya di website.
  • Ketiga, jangan lupa daftar Google Bisnisku. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan informasi lengkap tentang bisnis Anda agar mudah dicari oleh konsumen. Google Bisnisku juga dapat memperkuat Local SEO dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.
  • Keempat, ciptakan buyer persona. Buyer persona merupakan representasi dari tipikal target konsumen Anda dan akan membantu Anda memahami kebutuhan konsumen dan lebih tepat dalam menargetkan promosi. Dengan memiliki buyer persona, brand lokal bisa menghemat waktu dan biaya dalam mempromosikan produk.
  • Kelima, manfaatkan media sosial. Media sosial merupakan platform yang efektif untuk mempromosikan brand lokal. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh media sosial, seperti iklan berbayar dan penggunaan hashtag, brand lokal dapat meningkatkan visibilitas dan popularitas.
  • Terakhir, lakukan kolaborasi dengan influencer. Influencer memiliki pengaruh besar di media sosial dan bisa membantu brand lokal dalam mempromosikan produk. Dengan melakukan kolaborasi dengan influencer yang memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar brand lokal, promosi akan lebih efektif dan dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

Dalam melakukan marketing untuk brand lokal, konsistensi dan kesabaran juga sangat diperlukan. Proses membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan tidak bisa instan, namun dengan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten, brand lokal bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan. Bila anda membutuhkan fasilitas pinjaman modal kerja, BPR Kurnia Sewon memiliki fasilitas pinjaman yang murah, cepat dan mudah. Info dapat di baca di sini.

(admin)

One thought on “Tips marketing bagi brand lokal

  1. I think this is among the most significant information for me. And i am glad reading your article. But wanna remark on some general things, The web site style is great, the articles is really great : D. Good job, cheers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *