Eksotisme Tujuan Wisata Bantul

Eksotisme tujuan wisata bantul seakan tak pernah mati. Bantul, yang merupakan salah satu wilayah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terkenal dengan objek wisatanya. Luas wilayah Bantul adalah 508,85 Km2 (15,90% dari Luas wilayah Propinsi DIY). Topografi Bantul adalah dataran rendah (40%) dan 60% adalah daerah perbukitan yang kurang subur. (Sumber dilansir dari bpkp.go.id).

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisata di Bantul, di antaranya:

  1. Promosi yang efektif: Promosi yang efektif adalah kunci untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Bantul. Promosi dapat dilakukan melalui media cetak, media online, maupun media sosial. Selain itu, kerjasama dengan pihak travel agent juga dapat membantu mempromosikan destinasi wisata di Bantul.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas wisata. Fasilitas wisata yang baik dan memadai dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bantul. Peningkatan fasilitas seperti hotel, restoran, toilet, dan transportasi yang nyaman dan aman dapat membuat wisatawan lebih nyaman dan merasa puas selama berada di Bantul.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas objek wisata: Objek wisata yang menarik dan menarik minat wisatawan akan meningkatkan jumlah kunjungan ke Bantul. Pemerintah daerah dapat meningkatkan kualitas objek wisata yang ada dan menambah jumlah objek wisata yang menarik, seperti destinasi alam, budaya, dan kuliner.
  4. Membangun branding khas: Membangun branding khas yang terkait dengan keunikan dan keistimewaan Bantul dapat membantu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata di Bantul. Dalam hal ini, branding dapat berupa slogan, logo, atau tema yang memperkuat citra Bantul sebagai destinasi wisata yang menarik.
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholder terkait: Kerjasama dengan pihak terkait, seperti pihak hotel, restoran, travel agent, dan pihak terkait lainnya dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Bantul. Dalam hal ini, pemerintah daerah dapat menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tersebut untuk meningkatkan promosi dan fasilitas yang ada.
BPR KS & Pasar Kebon Empring

BPR KS, yang ikut andil dalam pengembangan usaha, belum lama ini bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul. Dengan tujuan untuk mengangkat dan mempromosikan wisata Bantul, melalui media sosial atau event-event wisata.

Banyak hal dapat diangkat dari kearifan lokal Bantul, antara lain budaya, kerajinan, dan seni. Berikut footage video ramah tamah Direktur Utama BPR Kurnia Sewon dengan Dinas Pariwisata Bantul:

#YakinPastiBisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *