Apa bedanya Jualan Online dan Digital Marketing?

Dua istilah tersebut sering sekali kita dengar akhir-akhir ini. Jualan online dan digital marketing adalah dua istilah yang sering digunakan bersamaan, tetapi memiliki perbedaan yang penting untuk diketahui. Kedua istilah ini sangat berpengaruh pada bisnis saat ini dan penting untuk dipahami bagi setiap pemilik bisnis, tak terkecuali anda pelaku UMKM yang ingin memasarkan produk atau layanannya. Beberapa nasabah UMKM BPR Kurnia Sewon pernah menanyakan mengenai hal ini.

Jualan online adalah proses penjualan produk atau layanan melalui media internet. Ini termasuk penjualan melalui toko online, aplikasi mobile, atau bahkan melalui sosial media. Jualan online memungkinkan pemilik usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan jangkauan mereka kepada konsumen yang berada di berbagai lokasi geografis. Kelebihan lain dari jualan online adalah biaya yang lebih rendah, fleksibilitas, dan kenyamanan bagi konsumen.

Digital Marketing

Di sisi lain, digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan berbagai channel digital untuk mempromosikan produk atau layanan. Ini termasuk email marketing, pemasaran melalui media sosial, mesin pencari, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk membangun merek dan meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan alat pemasaran digital. Digital marketing memungkinkan pemilik bisnis untuk menentukan target pasar yang tepat dan mempromosikan produk mereka secara efisien.

Secara keseluruhan, jualan online dan digital marketing adalah dua hal yang berbeda, tetapi saling melengkapi. Jualan online membantu pemilik bisnis untuk menjual produk atau layanannya secara efektif, sedangkan digital marketing membantu mereka untuk mempromosikan produk atau layanannya secara efisien. Pemilik bisnis mulai kecil sampai besar, harus mempertimbangkan kedua hal ini sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka untuk mencapai keberhasilan bisnis yang optimal. Mau tidak mau harus menggunakan pemasaran digital di era saat ini, atau bila tidak, bisnis anda akan mati.

Sebagai pelaku usaha, baik mikro, kecil atau menengah, harus meningkatkan pengetahuannya tentang market digital dan online ini. Anda tertarik mengembangkan usaha dengan komunitas UKM BPR KS? Kami sedang menyiapkan komunitas dengan berbagai benefit yang dapat anda lihat disini.

(admin)

2 thoughts on “Apa bedanya Jualan Online dan Digital Marketing?

  1. lovi says:

    informasinya sangat bermanfaat mengenai beda jualan online dan digital marketing. Untuk membangun sebuah bisnis dapat menggunakan strategi pemasaran yang tepat dan baik. Desain Grafis Jakarta merupakan satu jasa terbaik untuk membantu anda membuat desain produk anda menarik.

  2. Aplikasi ini memberikan penghargaan yang realistis dan bermanfaat. Saya merasa bahwa usaha saya dihargai dan dihormati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *