Berbisnis dengan BUMN

Halo Sahabat KS, sudah pernah mendengar tentang PaDi UMKM? PaDi UMKM adalah platform digital yang dibuat oleh Kementerian BUMN, berkolaborasi dengan BUMN, Kementerian UMKM, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. Tujuannya adalah memberikan akses pasar yang lebih luas bagi UMKM Berbisnis dengan BUMN. UMKM memiliki peran penting dalam ekonomi Indonesia, namun seringkali mereka kesulitan mendapatkan akses pasar yang luas. Melalui PaDi UMKM, UMKM dapat menjadi pemasok dan vendor BUMN. Platform ini juga berfungsi untuk memantau pengadaan barang dan jasa BUMN dari UMKM secara online dan transaksi non-tunai.

PaDi UMKM memiliki daftar UMKM terpercaya dari seluruh Indonesia dan menawarkan berbagai kategori pengadaan barang dan jasa, seperti konstruksi, ekspedisi, perawatan peralatan, periklanan, furniture, dan catering. Platform ini membantu meningkatkan ekonomi UMKM dan memperluas peluang mereka dalam berbisnis dengan pemerintah. Dengan adanya PaDi UMKM, diharapkan pertumbuhan UMKM dapat didukung oleh teknologi dan pemerintah memiliki data yang valid terkait profil UMKM serta pemetaan usaha rakyat.

Mengapa harus melalui PaDi UMKM?

Melalui PaDi UMKM, BUMN dapat melakukan pengadaan barang dan jasa secara digital dengan lebih cepat, transparan, dan efisien. Ini juga membantu dalam memajukan UMKM di seluruh Indonesia. Program ini menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan antara UMKM dan BUMN. PaDi UMKM merupakan ekosistem digital yang disediakan oleh BUMN untuk mendukung UMKM. Proses transaksi menggunakan virtual account dari Bank Himbara seperti Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN. Bahkan ada fasilitas pembiayaan kepada UMKM melalui PaDi UMKM. Saat ini, fitur pembiayaan tersedia melalui BRI, Pegadaian, dan PNM. Dengan bergabung dalam PaDi UMKM, UMKM dapat memperluas jaringan online, meningkatkan penjualan, dan mendapatkan pengalaman dalam transaksi digital.
PaDi UMKM memiliki berbagai kategori produk dan jasa yang tersedia. Selain kategori utama, terdapat 17 kategori lainnya seperti barang elektronik, jasa konsultan, alat tulis kantor, jasa perawatan gedung, produk pertanian, dan masih banyak lagi. Pelaku UMKM yang telah bekerja sama dengan BUMN dapat mendaftar langsung sebagai vendor di PaDi UMKM B2B. Bagi yang belum pernah bertransaksi dengan BUMN, mereka juga dapat mendaftar di PaDi UMKM dan memiliki kesempatan untuk bertransaksi dengan BUMN. Pendaftaran dapat dilakukan di daftar PaDi UMKM B2C.

Keuntungan Bergabung dengan Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM)

Bagi pelaku UMKM:

  1. Akses e-commerce lokal dan global: UMKM dapat menjual produk mereka di pasar e-commerce dalam dan luar negeri.
  2. Kemudahan proses pembiayaan: UMKM dapat mengajukan permintaan pembiayaan dari BUMN terpercaya seperti Bank Mandiri, BRI, Pegadaian, dan PNM.
  3. Pasar yang pasti di perusahaan BUMN: UMKM memiliki pelanggan tetap dari perusahaan BUMN, sehingga tidak perlu repot memasarkan produk.
  4. Kepastian pembayaran: UMKM mendapatkan kepastian pembayaran karena dipantau langsung oleh manajemen dan Kementerian BUMN.
  5. Feedback dan penilaian produk: UMKM mendapatkan saran untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang mereka jual.

Bagi pemerintah:

  1. Data UMKM yang terverifikasi: Pemerintah memiliki akses ke data UMKM yang diverifikasi oleh tim PaDi UMKM di seluruh Indonesia.
  2. Profil lengkap UMKM Indonesia: Pemerintah dapat mengakses profil lengkap UMKM di seluruh Indonesia untuk menentukan program atau kebijakan terkait UMKM.
  3. Data belanja BUMN: Pemerintah dapat memonitor data belanja BUMN dengan lebih mudah.

Bagaimana cara daftar/registrasi di Pasar Digital UMKM (untuk Buyer/Seller )? Kamu bisa langsung mengakses situs PaDi UMKM B2B, sehingga pelaku UMKM bisa Berbisnis dengan BUMN?
Untuk produk perbankan, baik simpanan maupun pinjaman, dengan berbagai benefit, kamu bisa kunjungi di sini.

(admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *