Ketahui Perilaku Konsumen UMKM di Era Digital

Perilaku konsumen telah berubah secara dramatis di era digital. Teknologi telah membuka jalan baru bagi bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan dan menjangkau mereka dengan cara yang lebih mudah dan efektif. Meningkatkan usaha kecil atau UMKM dengan memanfaatkan perilaku konsumen di era digital memang tidak mudah, tetapi bukanlah tugas yang mustahil. Di artikel ini, kita akan membahas perilaku konsumen di era digital dan jenis platform yang bisa digunakan untuk pemasaran online untuk meningkatkan usaha kecil atau UMKM.

Perilaku Konsumen di Era Digital

Perilaku konsumen di era digital sangat berbeda dari perilaku konsumen di era sebelumnya. Konsumen sekarang lebih cenderung mencari informasi tentang produk atau jasa melalui internet sebelum melakukan pembelian. Mereka lebih terbuka terhadap pengaruh media sosial, ulasan online, dan rekomendasi dari orang lain. Konsumen juga lebih memilih untuk berbelanja secara online daripada mengunjungi toko fisik karena lebih nyaman dan mudah.

Untuk memanfaatkan perilaku konsumen di era digital, UMKM harus memahami bagaimana konsumen mencari informasi dan melakukan pembelian di internet. UMKM harus mampu mengidentifikasi preferensi konsumen dan menawarkan produk atau jasa yang sesuai dengan preferensi tersebut. UMKM juga harus memastikan bahwa informasi tentang produk atau jasa mereka mudah ditemukan di internet dan menawarkan pengalaman belanja yang mudah dan aman bagi konsumen.

Jenis Platform yang Bisa Digunakan untuk Pemasaran Online

Ada banyak jenis platform yang bisa digunakan untuk pemasaran online. Berikut adalah beberapa platform yang populer dan efektif untuk UMKM:

1. Media Sosial
Media sosial adalah platform yang paling populer dan efektif untuk pemasaran online. UMKM dapat menggunakan platform, especially seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan TikTok untuk menjangkau pelanggan potensial dan mempromosikan produk atau jasa mereka. UMKM dapat membuat konten yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek.

2. Situs Web
Situs web adalah cara yang bagus untuk UMKM mempromosikan produk atau jasa mereka dan memberikan informasi tentang bisnis mereka kepada pelanggan. Web yang baik harus mudah digunakan, responsif, dan menyediakan informasi yang berguna tentang produk atau jasa. UMKM juga dapat menggunakan situs web untuk menjual produk atau jasa secara online.

3. Email Marketing
Email adalah cara yang efektif untuk UMKM berkomunikasi dengan pelanggan mereka dan mempromosikan produk atau jasa mereka. UMKM dapat mengirimkan email tentang penawaran khusus, diskon, dan informasi terbaru tentang produk atau jasa mereka. UMKM juga dapat menggunakan email untuk mengirimkan newsletter yang berisi berita dan informasi berguna tentang bisnis mereka.

4. Platform Iklan Digital
Platform iklan digital seperti Google Ads dan Facebook Ads adalah cara yang efektif untuk UMKM menjangkau pelanggan potensial secara online. UMKM dapat membuat iklan yang ditargetkan untuk menjangkau konsumen yang paling mungkin tertarik dengan produk atau jasa mereka. Dengan menggunakan platform iklan digital, UMKM dapat memilih kata kunci yang relevan untuk menampilkan iklan mereka pada pencarian internet atau di halaman media sosial yang ditargetkan.

5. Platform E-commerce
Platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak adalah cara yang efektif untuk UMKM menjual produk mereka secara online. Dengan menggunakan platform e-commerce, UMKM dapat menjangkau pelanggan potensial di seluruh Indonesia dan menawarkan pengalaman belanja yang mudah dan aman bagi konsumen. UMKM juga dapat menggunakan platform e-commerce untuk mempromosikan produk mereka dan meningkatkan kesadaran merek.

Kesimpulan

Perilaku konsumen di era digital berbeda dengan perilaku konsumen di era sebelumnya. Konsumen sekarang lebih cenderung mencari informasi dan melakukan pembelian secara online, dan lebih terbuka terhadap pengaruh media sosial dan rekomendasi dari orang lain. Untuk meningkatkan usaha kecil atau UMKM, penting untuk memanfaatkan perilaku konsumen di era digital dan menggunakan platform pemasaran online yang efektif. Beberapa platform yang populer dan efektif untuk UMKM adalah media sosial, situs web, email, platform iklan digital, platform e-commerce, dan aplikasi seluler. Dengan memanfaatkan platform-platform tersebut, UMKM dapat meningkatkan kesadaran merek, menjangkau pelanggan potensial, dan meningkatkan penjualan mereka secara online.

Buat SahabatKS yang membutuhkan fasilitas pinjaman modal kerja atau investasi, BPR Kurnia Sewon siap membantu anda. Untuk informasi lengkap dapat dilihat disini.

(admin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *